Kamis, 22 Agustus 2019

                                                      Fenomena Baru Dharma Wanita Persatuan

                                                                         MTs Negeri 9 Jember

Ada pemandangan baru dalam pertemuan dharma wanita persatuan di MTs Negeri 9 Jember pada Jumat, 11 januari 2019. Ada apa? Pertemuan perdana di tahun 2019 ini diadakan dengan  merombak kegiatan sebelumnya yang berkesan monoton, tidak ada perubahan model acaranya sejak dahulu. Perubahan apakah yang dimaksud?

Dalam rapat dinas pada tanggal 2 Januari 2019 dikemukakan oleh Bapak Ihsanuddin, S.Pd.,M.Pd. selaku kepala madrasah MTs Negeri 9 Jember bahwa beliau ingin menjalin silaturahmi secara lebih intens dengan keluarga besar MTs Negeri 9 Jember. Beliau mengusulkan bagaimana sekiranya pertemuan ibu-ibu tiap bulan sekali dalam wadah dharma wanita juga dihadiri bapak-bapak. Dan dalam acara tersebut sekaligus pula diadakan acara mengaji kitab bersama. Wow, destinasi kegiatan yang multifungsi. Selain pertemuan rutin dengan agenda rutin seperti SOP-nya, siraman rohani pun mewarnai di samping terjalin eratnya tali silaturahmi.

Sebelum kegiatan dharma wanita diadakan, disepakati bahwa acara akan disajikan dalam dua sesi. Sesi pertama silaturahmi dan pengajian seluruh hadirin, acara kedua merupakan acara ibu-ibu dengan kegiatan seperti pertemuan biasanya, sedangkan bapak-bapak berangkat Salat Jumat.

Pada hari H, sebelum memulai sambutannya, Pak Ihsan, panggilan akrab kamad MTs Negeri 9 Jember, sempat mengabsen bapak ibu yang hadir. Misalnya, Bapak Junaedi, Bu Junaedi-nya yang mana. Kontan saja hal itu membuat para ibu tersipu malu. Wajar saja, berdasar pengakuan beliau, selama masa kepemimpinan selama satu setengah tahun di MTs Negeri, Pak Ihsan belum sempat menghafal wajah ibu-ibu secara saksama sehingga andai berjumpa di jalan pastilah tidak akan menyapa dengan selayaknya.

Begitulah. Acara yang dikemas dengan model pembaruan di atas ternyata memang efektif dalam mengakrabkan keluarga besar MTs Negeri 9 Jember. Bahkan, sesudahnya dengan suara bulat di akhir acara disepakati tentang akan diadakannya outbond di Kebun Renteng Jenggawah pada 10 Februari 2019.

Selamat dan sukses atas kegiatan Dharma Wanita Persatuan MTs Negeri 9 Jember dengan pembaruan kemasan acaranya, semoga dharma wanita di lembaga ini makin berjaya dengan meningkatnya kualitas baik secara internal maupun eksternal, khususnya di kancah Kementerian Agama Kab. Jember. ( Eni Siti Nurhayati )