Minggu, 26 Mei 2019

Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim Melauching Kampung Zakat Terpadu Binaan Kantor Kementerian Agama Kab. Jember

Empat

(Kankemenag Jember-Humas) Kepala Kanwil Kemenag Prop. Jatim (H. Syamsul Bahri), didampingi  Kepala Kankemenag Kab. Jember  (H. Fahchrur Rozi)  melalui Penyelenggara  Syariah (H. Moh. Muslim)  hari Kamis (15/3) di  Dusun Pace, Desa Jambearum, Kec. Sumberjambe  yang biasanya disebut dengan nama Puncak Gunung Raung  itu  telah dilaksanakan Launching Kampung Zakat Terpadu Binaan KanKemenag Kab. Jember . Kegiatan ini dihadiri  oleh Muspika Kab. Jember, Ormas ,  Pejabat Kankemenag Kab. Jember Setruktural  dan Fungsional ( Ka. KUA, Pengawas Madrasah, Ka. MIN. MTs, MAN )  dan  para LAZ Jember ( LAZIZNI, LAZIZMU, RIZKI, NURUL HAYAT, AZKA Baitul Amien, Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) Yatim Mandiri, dan Baitul Mal Takwil ( BMT) serta penerima santunan . Didusun ini masyarakat  pada umumnya tidak  berkecukupan  ( 25 persen Masyarakat  berkecukupan  dan selebihnya  tidak berkecukupan).

Penyelenggara Syariah yang mantan Penyuluh Telandan Tk Nasional (H. Muslim)  menyampaikan bahwa menghimbau  Semua Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ada di Jember dapat mengelola zakat kepada suatu daerah atau wilayah secara bersama sama tanpa membedakan nama LAZ yang dibawa, dengan tujuan agar  bisa mengembangkan ekonomi dan sumber daya manusia menjadi lebih baik maka dinamakan terpadu karena ada kolaborasi dengan sejumlah amil zakat dan penyuluh agama Islam se Kab.  Jember .

Selanjutnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kab jember (H. Fachrur Rozi) menegaskan bahwa dengan bersatunya LAZ dalam mengelola zakat secara bersama sama maka untuk penyalurannya zakat  akan lebih terarah untuk sasaran dari penerima zakat  , sedangkan Kampung Zakat Terpadu  ini merupakan  tahap   yang pertama ada  di Kab. Jember, untuk Kampung Zakat  Terpadu merupakan program baru ,  Tahap pertama ini  8 delapan LAZ yang sudah tergabung, difasilitasi oleh Kementerian Agama  mudah mudahan dengan dibangunnya Kampung Zakat Terpadu bisa membantu pembangunan bagi  pemerintah daerah. Dengan penerapan LAZ ini bukan   hanya di dusun ini , jika berhasil akan diteruskan dan dikembangkan di daerah lain yang membutuhkannya, ujarnya.

Sedangkan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prop. Jatim ( H. Syamsul Bahri ) dengan pemukulan gong serta disaksikan oleh  semua yang hadir  maka  secara resmi membuka   Kampung Zakat Terpadu Pertama yang ada di Jawa Timur,  beliau mengapresiasi  sekali dengan berdirinya Kampung Zakat Terpadu ini , bahwa LAZ  untuk  Kab. Jember  bisa bersatu  , untuk itu silahkan  nama , warna  berbeda  tetapi  ketika menyalurkan zakatnya bisa satu tujuan.  Selanjunya beliau menyampaikan  semangat  umat islam bisa  bersatu  maka  tidak  akan mudah terpecah pecah . Apalagi potensi Zakat ternyata sangat  besar  dan ini akan lebih bermanfaat jika tepat sasaran. Beliau menegaskan bahwa jika ini  terus bersatu sebernarnya tidak perlu lagi meminta sumbangan dengan cara minta minta dimana mana . Semua masjid bisa dibangun dengan pengelolaan LAZ yang terpadu seperti ini contohnya.   Oleh karena itu konsep ini bangus  ,  Kampung Zakat  Terpadu yang ada di Kab. Jember   akan beliau bawa  untuk menjadi contoh Baznaz Jatim.   Selanjutnya beliau menyerahkan bantuan kepada yang berhak menerima Zakat berupa Kambing , dll. (Ratna)